Institut Seni dan Budaya Indonesia Segera Berdiri di Aceh

Seni Budaya Indonesia : Institut Seni dan Budaya Indonesia Segera Berdiri di Aceh

Bukittinggi - Persiapan pendirian Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh nyaris rampung. Segala bentuk dokumen sudah selesai dikerjakan. Saat ini, persiapan ISBI hanya menunggu realisasi lahan untuk bangunan fisik kampus ISBI Aceh.

Hal itu disampaikan penanggung jawab ISBI Aceh, Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar., M.Hum. dalam pertemuan bersama tim kecil perumus dokumen pendiran ISBI Aceh di Bukittinggi, kemarin. Menurut Rektor ISI Padangpanjang itu, jika lahan sudah ada, bangunan fisik ISBI Aceh segera didesain dan langsung dikerjakan.

"Target kita, paling telat Februari 2013 sudah mulai penerimaan mahasiswa. Karena itu, kita sangat mengharapkan Pemerintah Aceh segera memiliki lahan untuk pembangunan ISBI Aceh ini," ujarnya.

Sejauh ini, tambah Mahdi, tim pendiri ISBI sudah melakukan asesment ketersediaan mahasiswa di daerah-daerah Aceh. Untuk tahap pertama, kata dia, proses belajar mengajar akan dilakukan di Gedung Eks SGO FKIP Unsyiah Banda Aceh.

"Gedung itu statusnya pinjaman dari pihak Unsyiah untuk ISBI Aceh hingga ISBI punya gedung sendiri. Lagi-lagi, gedung baru bisa didirkan jika kita sudah memperoleh bukti lahan dari Pemerintah Aceh," katanya.

Hal yang sama diucapkan Dr. Ediwar S.Sn., M.Hum, fasilitator untuk persiapan dokumen Rancangan Induk Pengembangan ISBI Aceh, Rabu (19/12/2012).

"Besar harapan kita, awal tahun 2013, ISBI Aceh sudah bisa melakukan proses belajar mengajar. Awal tahun depan ISBI Sulawesi dan ISBI Papua dipastikan melakukan penerimaan mahasiswa baru. Kita berharap ISBI Aceh juga dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru di awal tahun depan," katanya.

Ediwar menyebutkan, saat ini, tim kecil persiapan ISBI Aceh sedang duduk melakukan finalisasi dokumen-dokumen pendirian ISBI Aceh. “Hasilnya akan diseminarkan di Banda Aceh pada 27-28 Desember 2012 nanti. Tempatnya di Hotel Grand Nanggroe. Seminar tersebut akan dihadiri oleh seniman, budayawan, dan akademisi,” ujarnya.

Sumber : http://www.theglobejournal.com/Seni-Budaya/institut-seni-dan-budaya-indonesia-segera-berdiri-di-aceh/index.php

0 komentar :

Poskan Komentar

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...